CHAPTER 190: TERUS BERJALAN

Vector pertama, Minggu petang 8 Okt 2023


Minggu, 8 Oktober 2023

Terus bergerak (Taruh di Sini sebagai Lonceng Pengingat kelak)

Beberapa hari lalu sempat lihat Chef Juna di vlog Merry Riana yang bercerita tentang masa lalunya. 

Ada satu penggalan Chef Juna berujar dalam bahasa Inggris yang kira-kira artinya, "Ada banyak alasan saya untuk kalah, jadi memang ndak ada pilihan kecuali terus maju."

Hal itu juga beberapa hari sebelumnya kukatakan pada seorang kawan baik, "Tidak ada pilihan, sudah banyak situasi dan alasan untuk kalah bahkan koit di masa lalu, karena toh masih hidup yah harus tetap jalan dan bergerak maju."

Jadi ingat juga penggalan perjalanan hidup Kolonel Sanders di TikTok beberapa hari lalu, jadi ingat juga waktu ketemu Rudy Barbaza di Hotel Mulia beberapa tahun silam yang sempat bercerita ia memulai bisnisnya di atas usia 55 tahun setelah gagal berkali-kali, dan akhirnya baru berhasil mengembangkan Rudy Project, saingan berat Oakley. 

Sudah sebulan terakhir, diwarnai patah hati mentok beberapa kali, saya coba kembali menaikkan skill desain Adobe. Terus memotivasi diri untuk terus bergerak, bulan September lalu rasanya Photoshop dan Premiere Pro mulai berkembang. 

Ya, seperti kata Bu Yon, basic-ku memang lebih ke penulis dan fotografi, tapi seiring perkembangan zaman dan beruntung juga rasanya aku punya jiwa seni yang lumayan kelas secangkir kopi jadi mulai migrasi ke pengembangan sosial media, dan kini berusaha lebih tekun coba menguasai 4 tools Adobe (Photoshop, Premiere Pro, After Effects, Illustrator) ke depan secara otodidak. 

Mudah-mudahan kalau terus intens, dapat secepatnya bisa. Ya, target di Oktober ini sudah mulai bisa After Effects dan Illustrator.  

Mulai Oktober ini, saya coba terus intens ikuti tutorial After Effects dan Illustrator. Sekadar berbagi pengalaman, kalau tutorial bahasa Indonesia sebenarnya lumayan banyak cuma rasanya sangat terbatas yang bagus. Kebanyakan agak bertele-tele dan durasi videonya lebih panjang. Mungkin khas orang-orang kita yang terbiasa dengan budaya basa-basi, atau mungkin mengejar durasi biar potensi adsense-nya lebih besar. 

Nah, kalau di kanal YouTube para bule lumayan lebih berlimpah dan lebih lugas, durasi videonya pun lebih pendek. Cuma buat mengerti video pendek pun mesti ditonton berulang-ulang, karena banyak kunci/shortcut dalam satu panduan desain yang sederhana sekalipun. 

Pelan-pelan pun daku mulai memahami beberapa kunci. 

Rasanya berat memang, After Effects berat, tapi Illustrator menurutku lebih susah lagi. Setidaknya buatku. 

Beberapa kalau ketemu hal sulit, rasanya pengen tidur dan udahan. Biasalah karakter khas anak bangku belakang sejak TK, tapi kalau dibiarkan kok rasanya gampang banget putus asa dan merasa bersalah.  

Maka, biasanya rehat sebentar terus belajar lagi, terus berusaha naikkan skill. 

Beberapa hari lalu, saya akhirnya bisa buat after effects pertamaku dan sudah tayang di kanal YouTube jbkderry ---> https://www.youtube.com/shorts/5INU_P8pWsI

Lalu hari ini Minggu 8 Oktober 2023, akhirnya bisa buat vector pertamaku di Illustrator. 

Ya, masih jauh dari usai dan bagus, tapi perjalanan memang baru dimulai. Terus menjaga supaya pikiran tetap positif dan kondisi mental tetap terjaga. 

Tahajjud dan Dhuha juga jadi lebih intens, kelak kalah menang bukan lagi jadi soal utama, yang penting bisa tetap sehat dan maju geber terus sudah senang rasanya.

Setidaknya bisa mengamini jika usia hanyalah deretan angka, bukan pertanda penghalang!

Vector kedua, Senin 9 Okt 2023 


Sengaja taruh di sini, biar bisa jadi pengingat jika sampai di titik ini belum juga berhenti untuk mengembangkan kemampuan diri. 

Terkesan narsis mungkin, tapi sendiri jadi lebih suka membuka blog kecilku www.jbkderry.id, rasanya ada puas yang lebih baik melihat perkembangan jejak di situ selama sebulan terakhir. 

Biniku bilang, "Makanya aku heran dulu, waktu ayah sempat matiin jbkderry. Toh, sudah banyak kali juga menghasilkan itu media. Hidupin saja terus, kan itu punya sendiri. Mana tauk bisa berkembang lagi." 

Baiklah, gaskeun, kata Keanu... 🤩☕

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CHAPTER 345: BADAI TRAUMATIS DI BULAN MARET - APRIL 2024

CHAPTER 349: CUKUP, SAYA BERHENTI!

CHAPTER 48: BANGSAT!